beginilah cara backup data di HP android

Cara backup data di HP android – Di zaman teknologi yang sudah secanggih ini, kita sudah terbiasa dan bergantung pada konten digital. Contoh saja seperti foto maupun video yang diambil pada saat momen momen berharga. Orang dulu mungkin akan mencetaknya dan menyimpannya di sebuah album foto. Namun tidak dengan zaman ini. Jarang sekali orang mencetak foto mereka dan menyimpannya dalam album.

Lebih praktis memang, namun tetap saja, produk teknologi seperti smartphone memiliki batas umurnya tersendiri. Semakin tua smartphone, maka semakin besar pula kemungkinan untuk rusak. Smartphone yang rusak mungkin bisa diganti dengan yang baru, tapi bagaimana dengan file-file penting yang kadung tersimpan dalam smartphone?

Momen penting tidaklah bisa terulang. Foto dan video yang direkam dan sengaja untuk disimpan akan hilang bersamaan dengan rusaknya smartphone. Kalau sudah begini, tidak ada cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan file yang hilang. Maka dari itu, pengguna smartphone sebenarnya haruslah mengerti cara backup data android smartphone dan melakukan backup data secara berkala.

Hal ini bertujuan untuk menyelamatkan file-file penting terutama koleksi foto dan video kalian yang berharga saat hal-hal tidak diinginkan terjadi. So, bagi kalian yang merasa sudah ada tanda-tanda kalian akan ‘kehilangan’ smartphone kalian saat ini, yuk segera lakukan cara backup data android berikut ini.

Cara Backup Data Android Smartphone Mudah Dan Cepat! Dengan Atau Tanpa Aplikasi

Trik 1 : Cara Backup Data Android Ke PC Atau Laptop

Sebenarnya cara termudah membackup data android adalah dengan membackupnya ke PC/laptop yang kalian miliki. Karena untuk melakukannya kalian tidak membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga sama sekali. Berikut ini adalah cara backup data android ke PC/laptop :

  1. Siapkan Kabel data USB, lalu hubungkan smartphone android kalian ke PC/laptop.
  2. Tunggu sampai android berhasil terdeteksi ke laptop/PC. Jika tak kunjung terdeteksi, coba cek settingan USB Debugging pada menu setting/pengaturan apakah sudah ON.
  3. Setelah itu, buka folder smartphone android kalian. Jika kalian ingin membackup foto ataupun video yang direkam menggunakan smartphone, biasanya file tersebut ada pada folder DCIM.
  4. Buatlah folder pada PC/laptop kalian, lalu copy-paste file foto/video yang ada pada folder DCIM android ke folder backup yang kalian buat di PC/Laptop.
  5. Tunggu sampai proses copy-paste selesai. Maka kalian telah selesai backup foto maupun video kalian.

Cara ini adalah cara backup manual karena tidak memerlukan aplikasi apapun dan kami rekomendasikan untuk kalian yang hanya ingin backup data foto maupun video saja.Jika kalian ingin membackup keseluruhan data di android seperti data kontak, sms, notes ataupun schedule pada calendar, kami sarankan kalian menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Apa saja aplikasi pihak ketiga untuk membackup keseluruhan data android? Kami akan jelaskan lebih lanjut pada artikel ini, jadi silahkan lanjut membaca ya!

Trik 2 : Cara Backup Data Android Ke Google Drive

Nah, jika kalian tidak memiliki PC/laptop, opsi kedua yang bisa kalian pilih adalah dengan membackup data android kalian ke google drive. layanan Google drive merupakan salah satu file hosting yang paling banyak digunakan banyak orang untuk mengupload file-file mereka. Dan saat ini, smartphone android keluaran terbaru biasanya sudah menambahkan fitur untuk backup data lsecara otomatis ke google drive.

Dengan melakukan backup ke g-drive kalian tak perlu khawatir kehilangan data penting. Selama kalian selalu mengingat email dan password email akun google kalian tentunya. Berikut adalah cara backup data android ke google drive :

  1. Masuk menu Setting/Pengaturan lalu pilih menu Additional Setting (Atau langsung saja search ‘backup’ agar bisa menemukan menu backup lebih cepat).
  2. Setelah itu pilih opsi BACKUP.
  3. Akan muncul opsi Backup ke google drive. Kalian cukup swipe tombol ke kanan untuk mengaktifkan. Lalu tunggu sampai proses backup selesai.
  4. Pada bagian bawah menu juga akan muncul akun google drive yang kalian gunakan
    cara backup data android google drive

Trik 3 : Cara Backup Data Android Dengan Aplikasi Helium – App Sync and Backup

Membackup data android ke laptop/PC hanya bisa dilakukan secara manual, pasti melelahkan bukan? Sedangkan backup otomatis ke google drive memiliki beberapa kekurangan salah satunya adalah space penyimpanan yang terbatas. Jika kalian ingin membackup data android ke PC/laptop secara otomatis tanpa perlu repot melakukan copy paste manual maka pilihan yang satu ini kami rekomendasikan.

Yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi bernama Helium –App Sync and Backup. Namun, kalian harus menginstall aplikasi ini di smartphone dan PC/laptop kalian secara bersamaan. Teknisnya mirip-mirip dengan aplikasi itunes untuk iOS. So, langsung saja berikut cara menggunakan aplikasi helium untuk backup.

  1. Download dan Install Helium ke smarpthone dan juga PC/laptop kalian.
  2. Setelah selesai terinstall, hubungkan smartphone kalian ke PC/laptop. Jangan lupa untuk mengaktifkan USB debugging agar smartphone terdetect.
  3. Ubah tipe koneksi USB nya ke mode PTP,
    cara backup data android
  4. Lalu accept/terima jika ada permintaan untuk kode RSA.
    cara backup data android
  5. Akan muncul ceklis hijau di PC/laptop serta smartphone android kalian yang menandakan aplikasi helium sudah terhubung dan siap digunakan.
  6. Kalian sudah bisa mencabut USB smartphone dari laptop/PC. Lalu buka aplikasi helium di smartphone kalian.
  7. Silahkan pilih aplikasi apa saja yang ingin kalian backup datanya. Saran kami, pilihla aplikasi utama seperti foto/galeri, kontak dan juga whatsapp.
  8. Lalu tap tombol backup dan tentukan lokasi penyimpanan file hasil backupnya apakah di memori internal/SD card.
  9. Tunggu proses backupnya selesai.

Demikian 3 cara backup data android yang paling mudah dan bisa kalian lakukan sekarang juga. Jadi, jangan tunggu sampai data kalian hilang dan tidak terselamatkan. Segera lakukan backup data android kalian.

semoga dengan tutorial diatas bisa memberikan tambahan informasi untuk sekedar berjaga jaga untuk kemungkinan terburuknya semisal data dan file penting yang ada smartphone android hilang dan dalam hal ini tentu saja sangat dianjurkan untuk membackup data smartphone secara berkala entah sebulan sekali atau bisa setiap minggu sekali.

jangan lupa untuk bagikan postingan ini di sosial media anda seperti facebook ataupun twitter atau bisa juga anda bookmark website kami paketkuota.net untuk update berita tekno dan trik internet setiap harinya, selamat mencoba.

beginilah cara backup data di HP android | Khoerunnissa | 4.5