Tips Cara Menghapus Malware Di Android tanpa Root

Cara Mudah Menghapus Malware Di Android – Sebagai pengguna smartphone android, tampaknya kalian harus hati-hati dengan ancaman malware. Layaknya virus yang membuat tubuh manusia sakit, malware yang menyerang sistem android kalian juga akan merusak ‘kesehatan’ smartphone android kalian. Malware sendiri merupakan sebuah program yang dirancang atau dibuat dengan sengaja untuk membahayakan, merusak serta menyusupi sebuah sistem.

Macam-macam hal tak baik yang terkandung dalam malware seperti virus, worm, trojan, bahkan spyware akan mengancam jalannya sistem bahkan akan mengincar data-data yang ada dalam sistem untuk dirusak. Sebuah sistem yang terserang virus malware termasuk sistem android akan mengalami masalah serius berupa malfungsi pada sistem operasi.

Selain itu, smartphone yang terindikasi terkena malware biasanya akan mengalami hal berikut ini :

  1. Kinerja smartphone menjadi lambat alias lemot padahal tak banyak data yang disimpan.
  2. Memori internal penuh padahal data-data nya sedikit. Sudah berupaya menghapus data namun memori internal masih tetap penuh.
  3. Tiba-tiba sering muncul iklan pop-up.
  4. Baterai smartphone menjadi lebih boros (cepat habis).

Penyebab Smartphone Android Terkena Virus Malware

Android sendiri memang platform yang paling rentan terserang virus dan malware. Hal ini disebabkan android menggunakan sistem operasi open source. Lantas. Apasih penyebab sebuah smartphone bisa terserang virus dan malware?

  1. Suka membuka situs tidak aman terutama situs dewasa.
    Kebanyakan situs-situs dengan konten dewasa mengandung banyak virus dan malware. Jadi hati-hati dalam mengaksesnya. Bukan saja otak dan iman kalian yang rusak karena membuka situs dewasa, smartphone kalian juga terancam kena virus dan malware.
  2. Suka mendownload aplikasi dari website tidak resmi yang tidak jelas keamanannya.
    Untuk kalian yang suka dan asal download aplikasi mod dari website-website yang tidak resmi, biasanya ada saja aplikasi yang tidak kita tau tiba-tiba ikut terinstall. Maka dari itu selalu dowload aplikasi melalui aplikasi resmi seperti google playstore yang sudah jelas kemanananya.
  3. Tidak Cermat Saat Melakukan Aktivitas Browsing
    Untuk kalian yang gemar browsing, terkadang kalian tidak cermat saat browsing tak sengaja mengklik iklan atau membuka situs yang menjanjikan hack diamond game dsb yang sebenarnya adalah website phising.

Cara Menghapus Malware Di Android Tanpa Root Paling Ampuh

Kalau kalian sudah merasakan tanda-tanda terserang malware, nampaknya kalian harus segera melakukan upaya pemberantasan malware sebelum menginveksi sistem android kalian lebih parah. Berikut kami akan share beberapa cara meghapus malware di android tanpa root yang paling ampuh.

Pasang Antivirus Dengan Fitur Lengkap Walau Berbayar Tapi Smartphone Dijamin Aman!

Malware bukanlah data atau program yang bisa dihapus dan dideteksi secara manual. Mau tidak mau, kalian benar-benar membutuhkan aplikasi antivirus untuk mendeteksi dan menghapus virus malware tersebut. Antivirus yang kalian harus pasang pun bukan sembarang antivirus gratisan. Gunakan antivirus malware android terbaik yang sudah terkenal seperti Avast , Karpersky, AVG, dll yang tersedia di google playstore.

Selain itu, upgrade ke versi premium berbayar untuk dapat menikmti fitur terbaik dari aplikasi antivirus tersebut. Karena ada lho beberapa virus dan malware android ‘bandel’ yang hanya bisa dihapus dengan fitur premium berbayar. Ini lah salah satu cara menghapus malware di android yang tidak di hapus dan juga cara menghilangkan malware iklan paling ampuh.

Aktifkan Fitur Keamanan Smartphone Untuk Mendeteksi Website Atau Aplikasi Mengandung Malware

Beberapa smartphone sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang bisa mendeteksi website maupun aplikasi yang terindikasi menyimpan malware. Dengan mengaktifkan fitur ini di smartphone kalian, maka secara otomatis sistem akan memberikan pop up peringatan sebelum kalian menginstall suatu aplikasi yang diam-diam berpotensi menyebarkan malware.

Masuk Ke Dalam Safe Mode Android

Jika opsi antivirus berbayar terlalu berat untuk kalian, cobalah opsi terakhir yakni dengan masuk ke dalam safe mode android untuk menghapus aplikasi pembawa malware secara manual. Dalam mode biasa, aplikasi pembawa malware biasanya akan tersembunyi dan tidak bisa nampak, namun dalam safe mode atau mode aman, akan terlihat aplikasi sumber malware berada.

Biasanya, aplikasi pembawa malware yang patut dicurigai adalah aplikasi yang kalian tidak pernah merasa menginstallnya sendiri. Jadi, silahkan googling cara masuk ke dalam safe mode sesuai dengan jenis dan tipe smartphone kalian karena setiap smartphone punya cara yang berbeda untuk mengakses safe mode.

Setelah berhasil masuk safe mode, buka menu setting >> Application untuk melihat daftar aplikasi yang terinstall. Lalu setelahnya, langsung uninstall aplikasi mencurigakan dengan ciri-ciri yang telah kami sebutkan.

Sekian dulu sharing kami mengenai cara menghapus malware di HP android. Cara-cara di atas bisa dilakukan untuk menghapus malware di hp samsung, xiaomi, oppo, dll jadi tidak ada perbedaan. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Tips Cara Menghapus Malware Di Android tanpa Root | Khoerunnissa | 4.5